Kenali Penyakit Alzheimer dari Gejala dan Cara Pencegahannya

Kenali Penyakit Alzheimer dari Gejala dan Cara Pencegahannya

Penyakit Alzheimer adalah penyakit yang kerap melanda para orangtua dengan kisaran umur 65 tahun ke atas. Penyakit ini dapat menyebabkan sering melupakan sesuatu hal yang baru saja terjadi, mengulang-ulang cerita, sulit fokus, lambat mengerjakan suatu hal sederhana, hingga lambat laun tidak dapat melakukan apa-apa kecuali dengan bantuan orang lain. Untuk gejalanya sendiri terdiri dari tiga tahapan yang lambat laun akan semakin parah. Untuk mendeteksi penyakit ini sejak dini, Anda perlu kenali penyakit alzheimer dari gejala dan cara pencegahannya karena itu sangat penting buat kita antisipasi. Di bawah ini gejala-gejala yang dapat ditimbulkan oleh penyakit Alzheimer itu sendiri mulai dari tahap pertama hingga tahap ketiga sebagai berikut.

Kenali Penyakit Alzheimer dari Gejala dan Cara Pencegahannya

Kenali Penyakit Alzheimer dari Gejala dan Cara Pencegahannya

1.Gejala Tahap Pertama

Di tahap pertama ini, gejala menderita penyakit alzheimer masih dapat ditoleransi. Bahkan, kadang Anda menganggapnya hal yang wajar karena seiring bertambahnya usia, pastilah mudah lupa. Yah! Mudah melupakan segala hal yang sederhana di sekitarnya merupakan gejala tahap pertama penderita alzheimer, seperti melupakan nama benda atau tempat, melupakan kejadian-kejadian yang baru saja dialami, salah dalam menaruh barang, lupa dengan hal-hal yang baru saja dibicarakan, sering tersesat di tempat yang selalu dilewati, mengalami kesulitan berkomunikasi, kehilangan semangat dan daya tarik untuk beraktivitas hingga tampak seperti mengalami depresi.

2.Gejala Tahap Kedua

Pada tahap kedua ini, penderita alzheimer akan terlihat semakin tidak bisa melakukan segala sesuatunya sendirian. Dengan kata lain, butuh perhatian dan perawatan ekstra dari anggota keluarga. Ciri-ciri gejala tahap kedua adalah sulit mengingat nama teman bahkan anggota keluarga sendiri, mengalami gelisah dan kecemasan, mengalami halusinasi atau delusi, hingga menunjukkan perilaku mudah curiga, impulsif, repetitif, atau obsesif.

3.Gejala Tahap Ketiga

Memasuki tahap ketiga, penderita alzheimer akan benar-benar membutuhkan bantuan Anda dalam merawat dirinya sendiri. Tidak hanya sekedar mengawasi, namun juga ikut membantu penderita alzheimer untuk mengurus dirinya sendiri dan kebutuhannya. Gejala tahap ketiga adalah karena penurunan daya ingat yang signifikan sehingga tidak mampu lagi berbicara dengan orang lain, menderita berbagai penyakit infeksi, berat badan yang menurun secara signifikan, tidak lagi mempedulikan kebersihan diri, tidak mampu makan sendiri, mengalami kesulitan menelan makanan, mengalami halusinasi atau delusi yang semakin parah,  tidak mampu bergerak jika tidak dibantu oleh orang lain, hingga buang air kecil dan besar tanpa disadari

Demikian  tiga tahapan gejala awal hingga yang terburuk penderita alzheimer.

Untuk mencegah terjadinya penyakit ini pada Anda di hari tua nanti, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

Kenali Penyakit Alzheimer dari Gejala dan Cara Pencegahannya

Kenali Penyakit Alzheimer dari Gejala dan Cara Pencegahannya

  1. Berhenti merokok dan berhenti mengonsumsi alkohol.
  2. Konsumsi makanan yang bergizi seimbang. Informasi diet bisa baca di jenis diet yang akan tren di 2018.
  3. Berolahraga rutin sedikitnya 2,5 jam setiap minggu.
  4. Aktif dalam memeriksakan kesehatan ke dokter hingga memiliki kegiatan yang selalu dapat mengasah fisik dan otak Anda seperti bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, menulis, memancing, dan hobbi positif lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *